Menu

Penandatanganan Perjanjian Pembiayaan Ekonomi Kreatif

Diposting pada: 2016-02-09 19:38:15

(Jakarta, 4 Februari 2016). Bapak Dumoly F. Pardede-Deputy Komisioner Pengawasan IKNB II OJK,  Bapak Andra Sabta-Direktur Direktorat Pengawasan Lembaga Pembiayaan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan Bapak Rudi Gunawan-Bupati Kota Garut dan Bapak Suwandi Wiratno-Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) menyaksikan acara penandatangan Perjanjian Pembiayaan di sektor Ekonomi Kreatif antara PT. Pro Car Finance & PT. Pro Mitra Finance dengan Koperasi Syariah Siliwangi dan pengrajin jaket kulit di Garut, Jawa Barat.

Penandatanganan perjanjian pembiayaan ini merupakan wujud dari dukungan industri pembiayaan dalam mengembangkan industri ekonomi kreatif yang dicanangkan pemerintah guna mendorong percepatan pertumbuhan perekonomian nasional. PT. Pro Car Finance dan PT. Pro Mitra Finance merupakan perusahaan pembiayaan anggota konsorsium pembiayaan ekonomi kreatif APPI.

Dalam pembiayaan ekonomi kreatif untuk para pengrajin jaket kulit, peran serta koperasi setempat juga dilibatkan sehingga dana yang diberikan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan para pengrajin.

Kedepannya APPI juga akan melakukan kerjasama dengan beberapa asosiasi lain juga mendukung pembiayaan ekonomi kreatif seperti kerjasama dengan Asosiasi Pengusaha dan Eksportir Handy Craft Indonesia (ASEPHI), Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI). Data di APPI menunjukkan sepanjang tahun 2015, total pembiayaan ekonomi kreatif yang sudah disalurkan oleh perusahaan pembiayaan sebesar Rp 4.8T.